Pahami Asuransi Sejak Dini

dane 0
Pahami Asuransi Sejak Dini

Asuransi dapat dikatakan sebagai sebuah perjanjian antara pihak tertanggung dengan pihak penanggung untuk menjamin dari resiko kerugian. Pihak tertanggung biasanya memberikan iuran berupa uang yang besarannya sudah ditentukan oleh perusahaan. Sedangkan penanggung adalah yang menjalankan perusahaan dan yang menjamin resiko kerugian.

Asuransi memang menjadi alat yang tepat untuk menjamin kehidupan manusia. Namun berdasarkan survei, ternyata asuransi masih menjadi hal yang belum lumrah di kalangan masyarakat Indonesia khususnya yang berekonomi menengah ke bawah. Banyak dari masyarakat yang masih berpikir bahwa asuransi hanya diperuntukkan bagi mereka masyarakat kalangan menengah ke atas atau biasanya masyarakat perkotaan dengan uang berlebih.

Steorotip tersebut memang masih banyak terjadi di masyarakat sekitar kita, hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan akan kelebihan dan kegunaan dari asuransi. Masih banyak masyarakat yang mengira bahwa asuransi bukanlah suatu hal yang dapat menolong mereka dari kerugian. Namun faktanya, ada banyak manfaat asuransi  yang dapat dirasakan oleh semua orang dari berbagai golongan, mulai dari golongan yang paling bawah sampai yang paling atas.

Di bawah ini akan di jabarkan mengenai faedah saat anda melakukan asuransi.

1.Sebagai Tabungan

Asuransi dapat diartikan sebagai tabungan masa depan yang dapat anda ambil dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan jenis asuransi dan kegunaan asuransi tersebut.

Namun dengan mengikutsertakan diri dalam urusan asuransi, kita setidaknya memiliki tabungan yang dapat kita ambil sewaktu kita membutuhkannya, tentu harus berdasarkan syarat dan ketentuan.

 

2.Meminimalkan Kerugian

Sudah bukan rahasia umum lagi jika asuransi meminimalisir dana yang anda keluarkan saat terjadi masalah dengan diri anda utamanya masalah yang terkait dengan keuangan.

Contoh nyata dari hal tersebut adalah, misalkan anda terkena sakit dan di rawat di rumah sakit. Lalu anda diberikan tagihan pembayaran dengan jumlah tidak sedikit sedangkan anda tidak memiliki cukup uang, maka asuransi kesehatan dapat anda jadikan alat perlindungan.

 

3.Mengalihkan Resiko

Jika selama ini kita mendapatkan kerugian misalkan saja dalam hal bisnis, kepemilikan barang, dan lain-lain. Maka asuransi dapat membantu anda dalam mengalihkan resiko kerugian.

Misalnya saja anda memiliki asuransi kendaraan bermotor, suatu ketika kendaraan anda mengalami kerusakan atau ada bagian yang hilang. Maka pihak asuransi yang akan membantu anda membayar kerugian tersebut.

 

4.Memberi Jaminan

Memberikan jaminan di masa depan, baik jaminan mendapat pendidikan yang layak, ataupun jaminan untuk hidup layak di masa tua, dan jaminan lainnya yang dapat memberikan kenyamanan hidup.

Hal ini biasanya berlaku juga bagi pemilik asuransi pendidikan yang memberikan jaminan dana pendidikan bagi putra-putri anda kelak.

 

5.Mengatur Keuangan

Jika anda memiliki asuransi, itu artinya anda mempunyai tagihan yang harus dibayarkan kepada pihak asuransi setiap bulannya dengan nominal tertentu yang telah ditetapkan dalam kesepakatan antara pihak tertanggung dengan pihak penanggung.

Hal ini juga akan mendorong anda sebagai pemilik asuransi untuk menyisihkan uang tagihan dan menjadikan anda lebih cermat dalam mengelola keuangan.

Di atas merupakan beberapa manfaat asuransi yang akan anda dapatkan jika menjadi nasabah asuransi. Anda tentu akan mendapatkan lebih banyak keuntungan jika memiliki lebih dari satu jenis asuransi. Sudah terbukti bukan bahwa pemikiran masyarakat selama ini tentang asuransi bukanlah sesuatu yang dapat dijadikan dasar dan semoga penjelasan terhadap keuntungan asuransi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *